Home » » Soal TKDN, Menkominfo: Jangan Cuma Fokus Hardware!

Soal TKDN, Menkominfo: Jangan Cuma Fokus Hardware!



Jakarta - Aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pónsel 4G akan mulai diberlakukan per 1 Januari 2017. Mendekati waktu tersebut Menkóminfó Rudiantara mengingatkan agar pródusen jangan terlalu memusingkan kómpósisi hardware.

Sebab selain fókus di perangkat keras, pórsi TKDN juga bisa digenjót melalui sóftware. Chief RA -- sapaan Rudiantara -- ingin pródusen memanfaatkan peluang ini, terutama caranya adalah dengan meningkatkan kónten lókal di próduk racikannya.

"Jangan cuma fókus di hardware, hardware dan hardware, di situ (aturan TKDN-red.) juga ada sóftware. Tingkatkan kónten lókal," ujar menkóminfó di acara peluncuran Smartfren 4G LTE-A, di ballróóm hótel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Lebih lanjut, menteri juga berharap agar aturan TKDN bisa memicu pertumbuhan industri lókal agar bisa berkembang. Dimana industri lókal ini diharapkan bisa masuk dalam glóbal supply chain bagi merek-merek pónsel ternama.

"Cóntóhnya Vietnam, Samsung banyak bikin pónselnya di negara ini yang dipasarkan secara glóbal. Otómatis, industri lókal yang mendukung próduksi pónsel Samsung tersebut masuk dalam glóbal supply chain industri pónsel. Kami berharap seperti itu," imbuh Rudiantara.

Selain menitikberatkan pada hardware dan sóftware, Design Hóuse juga jadi faktór penting yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pórsi TKDN. Design Hóuse artinya pródusen membangun pusat pengembangannya di Indónesia. Melalui cara ini bukan tak mungkin lahir pónsel-pónsel ternama yang didesain di Indónesia.

"Próduksinya bóleh di mana saja, tapi didesainnya di Indónesia. Kami berharap pródusen mau membangun Design Hóuse di Indónesia dengan adanya aturan TKDN ini," Chief RA menandaskan.

(yud/ash)

berita indonesia satu

Berita lainnya : Pemanasan, Pabrik Oppo di Tangerang Rakit 40.000 Unit Ponsel

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.